LOGIN ADMIN / OPERATOR
FOTO DEKAN

Dr.Ir.H.Benny Mochtar Effendi Arifin, M.T.
NIP . 195907181991121001

BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN PANEL STRUKTUR RUMAH INSTAN SEDERHANA SEHAT (RISHA) di Fakultas Teknik Univ. 17 Agustus 1945 Samarinda
Ditulis oleh : prasetyo - Fakultas : Teknik Arsitektur

11 Oktober 2019 - 00:34:30 WIB

Kebutuhan perumahan terus meningkat sangat pesat, khususnya diperkotaan. Pertumbuhan tersebut rata-rata mencapai 3,5% per tahun. Back log perumahan sampai dengan tahun 2003 telah mencapai 6 juta unit, sedangkan kebutuhan rumah baru setiap tahun mencapai 800.000 unit.

Risha merupakan singkatan dari “Rumah Instan Sederhana Sehat”, satu inovasi design dari hasil kajian Pusat Litbang Permukiman. Lingkup Prototype Design ini berkaitan dengan rancangan teknologi konstruksi bangunan rumah tinggal dengan system bongkar pasang / knock down dengan komponen-komponen yang dibuat secara pabrikasi. Sistem design prototype ini mengacu pada ukuran modular. System ini ditujukan untuk mendukung Kepmen Kimpraswil No. 403/KPTS/M/2002 tentang Pedoman Teknis Rumah Sederhana Sehat (RSH).

RSH system RISHA diharapkan dapat digunakan dalam penyediaan perumahan masyarakat berpenghasilan rendah, rumah swadaya, serta memungkinkan diterapkan dalam menangani perumahan pengungsi, rumah darurat, bahkan dapat digunakan untuk bangunan tidak permanent seperti direksi kit.

Bimbingan Teknis Tekno;ogi RISHA dibuka oleh Bpk. Dr. Marjoni Rachman, M.Si. selaku Rektor Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda yang turut dihadiri Bina Konstruksi PUPR Kalimantan Timur, LPJK Propinsi Kalimantan Timur, Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin dan Tim Litbang PUPR dilaksanakan dari tanggal 8-11 Oktober 2019.

Dalam sambutannya, tenaga kerja yang ada di samarinda diharapkan mempunyai kompetensi dibidang Teknologi RISHA ini untuk memacu percepatan kebutuhan rumah sederhana dan sehat, turut juga didalam Bimtek diatas ikut serta mahasiswa Fakultas Teknik samarinda nsidengan harapan setelah lulus sarjana sudah mempunyai kompetensi siap kerja.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang Website Fakultas Teknik ?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup
Biasa
Kurang Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 214461 kali