LOGIN ADMIN / OPERATOR
FOTO DEKAN

Purwanto Sularno, S.T., M.T.
NIDN 1101126901

LINK TERKAIT
Tugas Akhir (Skripsi)
Ditulis oleh : faisal1 - Bidang : Teknik Arsitektur

28 Februari 2016 - 12:44:12 WIB

DIberitahukan kepada seluruh mahasiswa (i) yang mengambil MK Tugas Akhir (TA) untuk segera menyiapkan 3 calon proposal TA, dengan ketentuan sebagai berikut :

A. Draft proposal TA memiliki luas gedung + 5.000 m2

1. Sistematis

Sistematis artinya sesuai dengan pola tertentu dari sederhana hingga kompleks. Proposal harus dapat memberikan gambaran tentang rencana penelitian yang akan dilakukan. Susunan proposal dapat bervariasi tergantung kebijakan institusi. Namun biasanya harus mengandung latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, rencana metodologi yang akan digunakan, dan alat ukur yang digunakan.

2. Terencana

Proposal yang baik memuat langkah-langkah pelaksanaan penelitian, lengkap dengan jadwal pengumpulan data, analisa data hingga pelaporannya.

3. Mengikuti konsep ilmiah

Proposal harus mengikuti kaidah penulisan ilmiah. Baik tata cara penulisan dan tata bahasa yang digunakan.

B. Komponen Proposal Penelitian

1. Judul

Judul merupakan etalase dari suatu penelitian yang menampilkan keseluruhan rencana penelitian. Oleh karena itu judul penelitian harus memuat gambaran global masalah dan lingkup penelitian. Syarat judul yang baik yaitu :

a. Menarik minat peneliti.

b. Managable

c. Mengandung kegunaan praktis

d. Tersedia cukup data

e. Tidak duplikasi dari penelitian lain

f. Berisi variable yang akan diteliti

g. Berupa kalimat pernyataan

h. Jelas dan singkat

2. Latar Belakang Masalah

Latar belakang merupakan pengantar yang menjelaskan secara singkat materi penelitian yang ditulis secara sistemaris dan terarah. Biasanya dibuat secara deduktif, dimana masalah secara umum dikerucutkan menjadi masalah khusus yang akan diteliti. Latar belakang masalah merupakan justifikasi dibuatnya suatu penelitian. Dalam latar belakang masalah, selain konsep dan teori yang dituliskan, juga data angka dari institusi yang terkait dengan topic penelitian.

3. Rumusan Masalah

Rumusan masalah dapat berupa pernyataan masalah atau pertanyaan masalah. Rumusan masalah ini memiliki konsekuensi terhadap tujuan, manfaat, kerangka konsep serta metode penelitian yang digunakan. Rumusan masalah didapat setelah peneliti menelaah atau mengidentifikasi permasalahan yang muncul di latar belakang.

4. Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan penelitian hendaknya diuraikan singkat dan jelas serta menggunakan kata yang bersifat operasional, seperti menguraikan, mengidentifikasi, menggambarkan. Tujuan biasanya dibuat dalam dua kategori yaitu tujuan umum dan khusus. Tujuan umum menjelaskan tujuan yang hendak dicapai secara umum. Sedangkan tujuan khusus menjelaskan langkah yang diambil untuk mencapai tujuan umum.

Manfaat penelitian hendaknya diuraikan singkat dan jelas, dan menunjukan kontribusinya bagi pengembangan ilmu keperawatan, profesi, praktisi, pendidikan keperawatan atau institusi pelayanan kesehatan dan pemerintah selaku pembuat kebijakan.

6. Landasan Teori

Landasan teori berisi uraian teori yang mendasari penelitian. Literatur yang dipakai hendaknya up to date dan relevan dengan topic penelitian.

7. Kerangka Konsep dan Hipotesis

Kerangka konsep merupakan justufikasi ilmiah terhadap penelitian yang akan dilakukan. Kerangka konsep harus didukung landasan teori yang kuat serta ditunjang oleh informasi yang ilmiah, hasil penelitian, jurnal atau data literur lain. Hipotesa atau dugaan bukan hal yang mutlak, namun tergantung jenis penelitiannya.

8. Metode Penelitian

Metode penelitian berisi tentang jenis penelitian yang digunakan, kerangka penelitian, variable dan sub variable penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, uji validitas dan reliabilitas, cara analisa data. Untuk penelitian kualitatif dapat menjelaskan metode pendekatan yang digunakan.

Jadwal dan lokasi penelitian merupakan rencana tentang tempat dan waktu penelitian yang akan dilakukan. Jadwal ini meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Jadwal penelitian dapat dibuat dalam bentuk time schedule.

C. Alasan Penolakan Proposal Penelitian

Sebuah proposal dapat saja ditolak, apabila :

1. Plagiat hasil penelitian orang lain

2. Perumusan masalah lemah dan tidak focus

3. Konstribusi hasil penelitian tidak jelas

4. Tinjauan teori tidak relevan dengan tujuan penelitian

5. Metode penelitian tidak tepat

6. Proposal tidak sesuai dengan format yang ditetapkan

7. Penyampaian proposal terlambat

8. Penelitian tidak relevan dengan bidang studi

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang Website Fakultas Teknik ?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup
Biasa
Kurang Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 149334 kali